Masalah Kesehatan Umum Kucing

 


Jika Anda baru memiliki kucing, Anda mungkin terkejut menemukan bahwa masalah kesehatan adalah hal yang biasa. Tidak peduli jenis kucing apa yang Anda miliki, masalah kesehatan pasti ada. Beberapa mungkin turun temurun, sementara yang lain dapat dengan mudah dicegah.

Cacing

Apa pun jenis kucingnya, cacing adalah masalah yang sangat umum dan berulang. Cacing pita, cacing gelang, dan cacing tambang adalah yang paling umum menginfeksi kucing. Kucing yang mengalami masalah kenaikan berat badan, masalah dengan kutu, atau jika Anda menemukan bintik putih di tinjanya, Anda harus memeriksakan cacing ke dokter hewan. Meskipun dapat diobati dengan obat-obatan, cacing dapat berakibat fatal jika tidak diobati.

Bola rambut

Bola rambut adalah masalah kesehatan yang paling umum untuk kucing. Semua kucing merawat diri mereka setiap hari, biasanya menelan rambut lepas yang berasal dari mantel mereka. Kadang-kadang, rambut yang longgar ini akan berkumpul menjadi bola dan bersarang di saluran pencernaan alih-alih melewati kotoran kucing Anda. 

Saat kucing Anda mulai batuk dan meretas, ia biasanya batuk seperti bola rambut. Meskipun pada akhirnya bisa agak menjijikkan, kebanyakan kucing bisa mengeluarkan bola rambut tanpa masalah.


Dalam kasus yang jarang terjadi, bola rambut dapat masuk ke usus kucing, menciptakan penyumbatan. Penyumbatan adalah masalah yang sangat serius, dan dapat mengancam jiwa jika tidak diobati. Jika kucing Anda mengalami sembelit, tidak makan dengan benar, atau bulunya sangat kusam, ia bisa mengalami penyumbatan. 

Jika Anda melihat salah satu dari gejala ini, Anda harus segera membawanya ke dokter hewan. Anda dapat mencegah bola rambut dan penyumbatan dengan menyikat kucing Anda 2 – 3 kali seminggu untuk menghilangkan bulu yang rontok. Anda juga bisa memberinya makanan yang dirancang untuk mengontrol bola rambut juga.

Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih juga merupakan masalah kesehatan yang umum pada kucing. Infeksi saluran kemih lebih sering terjadi pada kucing jantan yang belum dikebiri, meskipun kucing betina juga dapat mengalami masalah ini. Ketika kucing tiba-tiba berhenti pergi ke kotak pasirnya, masalah ini biasanya menjadi penyebabnya. 

Gejala lain adalah ketika urin kucing mulai berbau sangat kuat. Jika Anda menduga kucing Anda mengalami infeksi saluran kemih, Anda harus membawanya ke dokter hewan. Dokter hewan Anda dapat menangani masalah ini dengan obat-obatan, dan membuat rekomendasi untuk membantu menghindari masalah ini di masa mendatang.

Leukemia kucing

Di masa lalu, leukemia kucing adalah penyebab kematian terbesar pada kucing. Namun hari-hari ini, ada vaksin yang tersedia yang dapat mengobati penyakit ini. Untuk mengobati penyakit ini, kucing Anda perlu disuntik sebelum dia terpapar. Meskipun kematian tidak terjadi dengan segera, kucing yang terkena leukemia kucing biasanya tidak memiliki rentang hidup yang panjang. Jika Anda tahu kucing Anda menderita leukemia kucing, Anda tidak boleh membiarkan kucing lain berada di sekitarnya, karena virusnya sangat menular.

Untuk melindungi kucing Anda, Anda harus selalu memastikan bahwa Anda membawanya ke dokter hewan untuk pemeriksaan rutinnya. Jika Anda terus memberinya informasi terbaru tentang vaksinasi, ia harus menjalani kehidupan yang sehat dan produktif. Meskipun beberapa masalah kesehatan tidak dapat dihindari, sebagian besar dapat dihindari. 

Anda juga dapat memelihara kucing di dalam ruangan, yang akan melindunginya dari sebagian besar masalah kesehatan. Jika kucing Anda adalah kucing luar ruangan, kunjungan rutin ke dokter hewan akan membuatnya tetap sehat. Selama Anda membawa kucing Anda ke dokter hewan dan menjaganya tetap sehat – dia akan menjadi teman Anda selama bertahun-tahun yang akan datang.

Close Menu